Interview

Aigis Sajikan Platform Insurtech B2B, Dilengkapi Fitur Wellness

Cerita Co-Founder & CEO Aigis Reinhart Hermanus tentang konsep bisnis hingga target ke depan

Asuransi menjadi sektor yang mulai banyak diincar oleh pelaku startup di Indonesia saat ini. Pandemi juga telah memberikan awareness lebih mendalam di kalangan masyarakat akan pentingnya kesehatan dan perlunya memiliki asuransi.

Melihat peluang tersebut, platform insurtech Aigis yang baru saja menerima pendanaan awal 14,5 miliar Rupiah, tertarik untuk menggarap platform insurtech untuk bisnis.  Yakni melalui layanan manajemen asuransi yang dipadukan dengan fitur wellness hingga telehealth.

Kepada DailySocial.id, Co-Founder & CEO Aigis Reinhart Hermanus mengungkapkan, meluncur pada pertengahan tahun 2021 lalu Aigis berawal sebagai marketplace agen asuransi untuk masyarakat umum. Namun melihat peluang dan potensi saat ini, mereka kemudian melakukan pivot dengan menyasar langsung segmen B2B.

"Kita memosisikan platform sebagai end-to-end employee wellness provider. Bukan hanya menawarkan produk asuransi namun juga pilihan konsultasi dedicated dokter untuk setiap perusahaan hingga program olah raga atau wellness untuk pegawai," kata Reinhart.

Ditambahkan olehnya, Aigis juga ingin mengubah mindset negatif akan asuransi di kalangan masyarakat yang hanya berfungsi untuk klaim biaya kesehatan saja. Sehingga jika pilihan tersebut tidak digunakan, akan merugikan pengguna. Dengan pilihan seperti wellness dan healthcare, diharapkan bisa memberikan opsi lebih perusahaan untuk pegawai mereka.

More Coverage:

Qoala Memperoleh Pendanaan Seri B Sebesar 948 Miliar Rupiah

"Kami melihat ini menjadi win-win solution. Bukan hanya untuk pegawai, namun juga perusahaan dan juga pihak asuransi. Saat ini kita sudah menjalin kemitraan dengan broker asuransi yang telah memiliki relasi di lebih dari 10 perusahaan asuransi," kata Reinhart.

Strategi monetisasi yang dilancarkan oleh Aigis adalah mendapatkan komisi dari asuransi. Sementara untuk program healthcare seperti konsultasi langsung dengan dokter, saat ini masih diberikan secara cuma-cuma kepada perusahaan yang tertarik menggunakan layanannya. Perusahaan juga bisa menentukan sendiri paket asuransi apa yang ideal untuk setiap perusahaan, semua bisa dikustomisasi.

Menurut Reinhart, konsep tersebut diharapkan bisa menarik minat perusahaan yang saat ini sedang mencari atau memperpanjang asuransi untuk pegawai mereka, atau perusahaan baru yang belum memiliki paket asuransi untuk pegawai.

Potensi platform asuransi dan wellness

More Coverage:

Aigis Kantongi Pendanaan dari Y Combinator, Init-6, dan Sejumlah Investor Lain

Aigis didirikan oleh Reinhart Hermanus, Philip Moniaga, dan Sebastian Yaphy. Mereka melihat akses ke layanan kesehatan adalah kebutuhan dasar setiap orang, dan mereka masih melihat bahwa pengalaman asuransi kesehatan di Indonesia masih jauh dari ideal.

Produk tambahan seperti program wellness dinilai cukup efektif saat ini, untuk memberikan opsi berbeda dan yang lebih segar kepada perusahaan. Dilihat dari tren dan potensi ke depannya, pilihan seperti akan semakin banyak dicari oleh perusahaan.

Setelah mendapatkan pendanaan initial round, Aigis masih memiliki target yang ingin dicapai. Di antaranya adalah meningkatkan penjualan mereka dan menambah tim engineer untuk mengembangkan teknologi mereka. Saat ini masih menjalankan bisnis secara lean, belum banyak tim yang direkrut oleh perusahaan.

"Sejak bulan Maret tahun ini, kamu telah mengembangkan aplikasi yang bisa digunakan oleh pegawai untuk mengajukan klaim hingga menikmati pilihan program wellness. Sementara untuk perusahaan bisa mengakses Aigis melalui dashboard yang kami sediakan," kata Reinhart.

Masih dalam proses akuisisi pengguna bisnis untuk bergabung dan menggunakan layanannya, hingga merekrut lebih banyak broker asuransi, ke depannya Aigis juga ingin scale-up dengan menambahkan layanan yang relevan seperti pilihan berlangganan hingga mengenakan biaya untuk tambahan layanan lainnya. Namun fokus perusahaan saat ini adalah untuk meningkatkan penjualan.

More Coverage:

Induk Shopee Beri Sinyal Masuk ke Insurtech, Dikabarkan Akuisisi Perusahaan Asuransi

Selain Aigis platform yang menawarkan layanan hampir serupa dan baru saja mendapatkan pendanaan pre-seed (pra-awal) senilai $1,2 juta atau setara 18 miliar Rupiah adalah aman. Rey Assurance juga menggunakan pendekatan yang mirip, memadukan platform insurtech dan wellness.

Application Information Will Show Up Here
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again