MSME Tutorial

Fitur Aplikasi Kasir (POS) Pawoon dan Kegunaannya bagi UMKM

Penjelasan lengkap terkait aplikasi kasir atau POS (point of sales) Pawoon, berikut dengan fitur, biaya dan kegunaannya bagi pelaku bisnis.

Dalam menjalankan bisnis, pencatatan administrasi penjualan menjadi hal krusial. Mulanya, pelaku bisnis masih menggunakan kertas untuk melakukan pencatatan tersebut. Berkat kemajuan teknologi, kini hadir berbagai platform aplikasi kasir yang mempermudahnya.

Platform aplikasi kasir atau POS (point of sales) menjadi solusi pencatatan administrasi penjualan menjadi lebih efektif dan efisien, bagi pelaku bisnis retail seperti di restoran, kafe maupun toko klontong.

Pada dasarnya, cara kerja platform ini serupa dengan mesin kasir. Bedanya, aplikasi kasir tak hanya terbatas untuk menyimpan uang, melainkan juga mencakup inventaris, laporan penjualan, hingga data pelanggan yang bisa diakes secara real-time.

Salah satu aplikasi kasir yang dapat digunakan oleh pelaku bisnis termasuk UMKM, yakni Pawoon. Ada pun informasi lebih jauh mengenai aplikasi tersebut, berikut dengan fitur, biaya hingga kegunaannya bagi UMKM, akan dijelaskan sebagaimana berikut ini.

Apa Itu Aplikasi Pawoon?

Pawoon adalah sebuah layanan penyedia jasa sistem kasir atau POS berbasis cloud/online, yang dapat diakses melalui smartphone atau tablet Android. Layanan POS ini fokus membantu berbagai pemilik usaha dalam menangani segala bentuk transaksi penjualannya.

Dengan menyasar sektor UKM khususnya ritel, waralaba, kafe dan resto sebagai targetnya, Pawoon menawarkan kemudahan bagi UKM, dalam mengetahui produk yang paling banyak terjual dan waktu tertentu dengan transaksi paling banyak.

Selain itu, pelaku bisnis juga dapat membuat katalog berdasarkan nama dan harga yang dapat disesuaikan, manajemen stok, laporan transaksi penjualan, hingga dapat mengetahui data konsumen atau pelanggan tetap, jika ingin mengadakan penawaran berbasis loyalitas.

Fitur Aplikasi POS Pawoon

Ada pun beberapa fitur utama yang ditawarkan oleh Pawoon, antara lain akan dijelaskan berikut ini.

  • Laporan Penjualan dan Manajemen Stok

Melalui layanannya yang berbasis cloud, Pawoon dapat menyimpan data bisnis berupa laporan, data trasnsaksi dan konsumen, serta manajemen stok. Laporan yang dapat disajikan mencakup laporan ringkas, analisa penjualan harian, data transaksi penjualan, rekapitulasi kas, laporan stok, penjualan produk, berbagai jenis laporan, laporan penerimaan pajak, laporan diskon, pembelian member, laba harian dan laba produk.

  • Multi Cabang

Bagi pelaku bisnis yang memiliki banyak cabang outlet di berbagai tempat dengan harga jual yang berbeda, aplikasi kasir satu ini dapat melakukan kustomisasi harga produk untuk masing-masing outlet tersebut, dengan sistem pemberian harga di dashboard pengguna Pawoon.

  • Manajemen Pelanggan (CRM)

Selain itu, Pawoon juga menyediakan fitur manajemen pelanggan. Pelaku bisnis dapat menyimpan informasi pelanggan saat melakukan transaksi. sehingga bisa digunakan untuk melakukan promosi dan penawaran lainnya di masa datang.

Fitur ini dapat menganalisis pelanggan setia dan produk terlaris pada bisnis. Pelaku bisnis dapat melihat tren penjualan produk, berdasarkan pelanggan. Selain itu, pelaku bisnis juga dapat menganalisis kebiasaan pelanggan, untuk menyusun strategi bisnis yang lebih baik.

  • Split Bill

Fitur satu ini dapat memudahkan pembayaran terpisah dalam satu pesanan. Cara kerjanya yakni, jika ada pelanggan yang datang berkelompok, namun ingin melakukan pembayaran secara terpisah, kasir dapat membagi tagihan tersebut dengan cepat. Struk yang diterima akan disesuaikan dengan produk yang dibayarkan.

  • Catatan Pesanan

Dengan fitur pencatatan pesanan, pramusaji atau waiter tidak perlu lagi menulis pesanan pelanggan menggunakan kertas. Pesanan pelanggan secara otomatis masuk ke aplikasi Pawoon, yang langsung terhubung ke kasir. Pesanan akan langsung tersimpan secara urut ke dalam sistem sehingga memudahkan dapur untuk memproses pesanan.

  • Program Loyalitas Konsumen

Bekerja sama dengan program membership Ponta, Pawoon dapat membantu pelaku bisnis memberikan berbagai keuntungan bagi pelanggannya. Dengan ribuan merchant yang tergabung dalam Ponta, pelanggan dapat memperoleh poin reward setiap melakukan transaksi.

Kegunaan Platform Kasir bagi Pelaku Bisnis

Dengan berbagai layanan dan fitur aplikasi POS Pawoon yang berbasis cloud itu, beberapa kegunaannya bagi pelaku bisnis, termasuk UMKM, antara lain sebagai berikut:

  • Pencatatan Transaksi

Kegunaan utama yang ditawarkan layanan sistem POS milik Pawoon adalah dalam segi pencatatan transaksi. Dengan bantuan sistem cash register yang terintegrasi secara online, transaksi bisnis akan tercatat secara sistematis, lengkap, dan detail. Selain itu, pelaku bisnis juga dapat Anda transksi penjualan setiap hari, serta beberapa bulan atau tahun sebelumnya. Dengan begitu, pelaku bisnis dapat  meninjau penjualannya.

  • Pengolaan Inventori

Dengan layanan Pawoon, pelaku bisnis dapat mengelola inventori produk secara lebih cepat ketimbang manual. Pelaku bisnis dapat mengelompokan persedian barang, berdasarkan kriteria tertentu. Selain itu, pelaku bisnis juga dapat melihat data jumlah ketersedian barang dan margin keuntungan bisnis.

  • Penggunaan Sistem Cloud

Penggunaan sistem cloud dalam kegiatan bisnis memungkinkan pelaku bisnis mengabungkan laporan bulanan atau tahunannya di setiap cabang outlet yang dimilikinya. Sistem ini juga dapat melacak persedian dan laporan penjualan di setiap lokasi outlet tersebut. Dengan kata lain, seluruh aktivitas penjualan bisnis saling terintegrasi dalam sistem cloud.

Biaya Pengunaan Aplikasi Kasir Pawoon

Untuk diketahui, model bisnis yang diterapkan Pawoon adalah berbasis langganan. Aplikasi kasir ini menyediakan berbagai pilihan paket mulai dari paket 'Free Plan' yang dapat dinikmati secara gratis, paket 'Basic' dengan biaya 149 ribu, hingga paket 'Pro' dengan biaya 250 ribu rupiah per bulan.

Ada pun biaya layanan tersebut, belum termasuk mesin kasir. Perangkat kasirnya sendiri, bisa dibeli dengan harga mulai dari 3 juta hingga 8 juta rupiah. Sejumlah biaya tersebut cenderung setara dengan biaya yang dipatok oleh beberapa kompetitor Pawoon.

Dengan fitur yang ditawarkan dan biaya yang dibandrol oleh platform POS satu ini, layanan Pawoon telah  benyak digunakan oleh berbagai pelaku bisnis, yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia, seperti di Jakarta, Surabaya, Aceh, Bandung, dan kota-kota besar lainnya.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again