Digital Marketing

Cara Kerja Referral Marketing dan Tips Menjalankannya

Penjelasan terkait cara kerja dan strategi atau tips dalam menjalankan referral marketing.

Referral marketing atau pemasaran rujukan adalah strategi umum yang digunakan oleh bisnis. Cara kerjanya yakni perusahaan atau pelaku bisnis mengadakan program untuk memberi insentif kepada pelanggan yang rekomendasikan produk atau layanannya kepada orang lain.

Tujuan program ini adalah membentuk pelanggan yang ada menjadi pendukung bisnis, serta mengubah calon pelanggan menjadi pelanggan, melalui rujukan pelanggan yang ada tersebut. Maka dari itu, opini atau testimoni pelanggan menjadi hal krusial dalam referral marketing.

Berikut penjelasan terkait cara kerja dan tips atau strategi dalam menjalankan referral marketing agar sukses mencapai tujuan pelaku bisnis.

Langkah Kerja Referral Marketing

Tak hanya dalam bentuk rekomendasi produk, referral marketing sendiri bisa berupa ajakan membeli, membuat akun, hingga membagikan konten. Intinya, strategi marketing satu ini mendorong pelanggan untuk mengajak pelanggan baru.

Ada pun langkah kerjanya antara lain sebagai berikut:

  • Tentukan Kode Referral

Langkah pertama yang perlu dilakukan pelaku bisnis dalam menjalankan strategi marketing rujukan ini adalah menetapkan kode referral. Kode referral sendiri umumnya terdiri dari kombinasi angka dan huruf unik.

Kode referral lazim digunakan oleh pelaku bisnis untuk mengidentifikasi pelanggan dalam mengajak orang lain menggunakan produk atau layanan suatu bisnis. Dengan adanya kode ini, pelaku bisnis dapat mudah memberikan keuntungan kepada pelanggan yang berhasil memenuhi syarat program referral terkait.

  • Minta Pelanggan Bagikan Kode Referral

Setelah kode referral ditentukan, pelaku bisnis dapat meminta pelanggan membagikan kode referral tersebut kepada orang lain. Lalu, pelaku bisnis dapat menentukan syarat dan ketentuan terkait program referral yang diadakan, agar mudah dipahami pelanggan sebagai mitra referral.

  • Data Kode Referral

Pelaku bisnis melakukan pendataan kode referral agar kode dapat dilacak dan disetujui saat pelanggan melakukan transaksi menggunakan kode tersebut. Data tersebut juga dapat digunakan oleh pelaku bisnis untuk menentukan besaran insentif yang akan diberikan kepada pelanggan, yang berhasil mengikuti program referral sesuai dengan syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan.

Tips Sukses Jalani Referral Marketing

Kunci sukses menjalani campaign referral marketing adalah mengumumkan terkait adanya program referral yang diadakan oleh pelaku bisnis kepada pelanggannya. Lalu, bujuk pelanggan untuk turut serta.

Ada pun beberapa tips dan strategi yang dapat dilakukan oleh pelaku bisnis, agar pelanggan bersedia mengikuti program referral yang diadakan, serta dapat mampu mencapai tujuan diadakannya program referral. Antara lain:

  • Beri Insentif

Insentif diberikan oleh perusahaan atau pelaku bisnis atas keberhasilan pelanggan melakukan ajakan atau rujukan kepada calom pelanggan. Bentuknya bisa berupa saldo atau voucher tunai, potongan harga eksklusif, bonus poin dan lain sebagainya. Hal terpenting adalah insentif trsebut harus cukup menarik untuk membuat pelanggan yang ada tertarik untuk membaginya dengan orang lain.

  • Cara Kerja Program Mudah Diikuti

Saat membuat program pemasaran rujukan, buatlah cara kerja serta syarat dan ketentuan yang sederhana dan mudah dipahami sehingga mudah diikuti pelanggan. Salah satu aspek terpenting dari campaign referral adalah pelanggan yang ada berhasil mengajak pelanggan baru dengan cara kerja yang telah ditetapkan.

  • Perkuat Pemahaman Tim Pelaksana Program

Saat meluncurkan program referral marketing pada bisnis, pastikan anggota tim yang mengemban tugas menjalankan program tersebut telah terlatih dan memiliki pemahaman yang baik. Pasalnya, tim tersebut akan berhubungan langsung dengan pelanggan, sehingga sangat berpengaruh terhadap sikap dan kepercayaan pelanggan kepada program yang diadakan.

  • Perhatikan Target, Bangun Kepercayaan dan Perluas Jangkauan

Tiga hal tersebut menjadi strategi kunci dalam menjalankan program referral marketing bagi bisnis. Pertama, dalam memperhatikan target, pemasaran dari mulut ke mulut dengan audiens yang ditargetkan, akan menembus pasar sasaran lebih efektif. Kedua, kepercayaan calon pelanggan kepada pelanggan yang mempromosikan merupakan faktor penting dalam pemasaran rujukan. Ketiga, perluas jangkauan dengan menggunakan media sosial dan situs web ulasan.

 

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again