Interview

Fitur Kirim Uang Jadi Favorit Pengguna Platform E-Money DANA

Ada lebih dari 350 juta transaksi di platform DANA menggunakan fitur Kirim Uang sepanjang tahun 2021

Sebagai platform e-money digital, DANA mengklaim fitur kirim uang menjadi favorit penggunanya. Tercatat ada lebih dari 350 juta total transaksi dengan menggunakan fitur Kirim Uang dengan rata-rata 30 juta transaksi per bulan.

Kepada DailySocial.id, Chief of Product DANA Rangga Wiseno mengungkapkan, berdasarkan jumlah transaksi year-on-year per category, fitur transfer (Kirim Uang) memiliki tingkat pertumbuhan transaksi paling tinggi. Fitur populer lainnya adalah Offline Payment (QR) dan Bill Payment atau pembayaran tagihan.

"Berdasarkan catatan kami, makin banyak pengguna yang merasa nyaman untuk menggunakan fitur transfer lebih dari 10x per bulannya. Tren ini juga diimbangi dengan bertumbuhnya transfer antar pengguna DANA. Banyak pengguna yang memilih untuk menerima uang di akun DANA karena fleksibilitas untuk memindahkan uang ke destinasi apa pun (bank, tunai, ataupun dompet digital lain)."

Untuk mengakselerasi tren dan mendukung inklusi keuangan digital, DANA  mendukung pemberlakuan BI-Fast dengan mengimplementasikan penurunan biaya transfer ke bank (di luar 10 kali transfer gratis) dari Rp4.500 ke Rp2.500. Destinasi favorit adalah dilakukan antar pengguna (peer-to-peer), baik melalui nomor ponsel, link, ataupun DANA Kaget. Sementara destinasi favorit berikutnya ditempati transfer ke akun Bank.

"Kami juga memiliki beberapa rencana untuk menambah pilihan destinasi baru di 2022. Saat ini, rencana tersebut sedang dalam tahap pengembangan dan pengintegrasian," kata Rangga.

Tentang strategi monetisasi perusahaan untuk fitur unggulan ini, Rangga enggan menjabarkan lebih lanjut.

Tahun ini mereka berencana menjadikan fitur transfer ini dapat dinikmati secara lebih inklusif dan mempermudah frequent user melakukan transfer secara berkala dan menyediakan pengalaman yang lebih dipersonalisasi.

Lakukan pembaruan fitur

Untuk memberikan layanan lebih baik saat melakukan transfer uang, perusahaan melakukan pembaruan untuk fitur kirim uang. DANA melakukan beberapa pembaruan, baik dalam sistem internal maupun integrasi dengan pihak eksternal (bank ataupun perusahan switching). Hasilnya 99,95% transaksi transfer terkirim secara real time.

"Untuk pengalaman bertransaksi digital yang lebih optimal, untuk 0,05% transfer yang tertunda kami juga menambahkan fitur untuk memantau status layanan dan menyediakan Resolution Center di aplikasi DANA. Keluhan akan langsung dilayani dengan cepat oleh Customer Service kami," kata Rangga.

DANA juga menambah cakupan transfer ke luar ekosistem, seperti Tarik Tunai tanpa kartu di seluruh ATM BCA ataupun transfer ke penyedia jasa pembayaran lain yang tergabung dalam QRIS TTS (Tarik, Transfer, dan Setor).

"Berangkat dari permasalahan tersebut, kami mendesain ulang fitur Kirim Uang dengan menyederhanakan 40% langkah yang dibutuhkan untuk melakukan transaksi dan menambah beberapa detail seperti Add to Favorite dan juga single interface untuk pencarian destinasi transfer. Hasilnya, conversion rate dari jumlah klik ke transaksi selesai naik hingga 28% untuk versi terbaru dari fitur transfer," tutup Rangga.
Application Information Will Show Up Here
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter