Categories

Gadget

Garmin Venu 2 dan Venu 2S Diungkap, Kini dengan Baterai yang Lebih Awet

Harganya sama persis seperti pendahulunya

Glenn Kaonang - 23 April 2021

Garmin meluncurkan dua smartwatch baru, yakni Venu 2 dan Venu 2S. Sebagai penerus Garmin Venu, desain keduanya tampak identik seperti smartwatch yang dirilis setahun lalu tersebut, dengan bezel yang terbuat dari bahan stainless steel dan strap yang mudah dilepas-pasang.

Venu 2 dan Venu 2S sebenarnya merupakan perangkat yang sama, hanya saja ukurannya berbeda. Venu 2 mengemas case berdiameter 45 mm dan strap 22 mm, sedangkan Venu 2S dengan case 40 mm dan strap 18 mm. Ukuran layar sentuhnya pun otomatis berbeda, Venu 2 dengan panel AMOLED 1,3 inci beresolusi 416 x 416 pixel, sedangkan Venu 2S dengan panel AMOLED 1,1 inci beresolusi 360 x 360 pixel.

Satu aspek yang disempurnakan cukup signifikan pada Venu 2 dan Venu 2S adalah baterai. Dalam sekali pengisian, Venu 2 dapat bertahan sampai 11 hari, atau sampai 8 jam kalau GPS-nya aktif terus-menerus selagi meneruskan musik ke earphone atau TWS via Bluetooth. Bandingkan dengan Venu orisinal yang cuma bisa bertahan sampai 5 hari pemakaian, atau 6 jam untuk penggunaan GPS.

Bahkan Venu 2S yang berukuran lebih kecil pun rupanya juga memiliki baterai yang lebih perkasa; sampai 10 hari, atau 7 jam pemakaian GPS beserta musik tadi. Juga istimewa adalah dukungan fast charging; pengisian selama 10 menit saja cukup untuk pemakaian selama satu jam dengan GPS dan musik. Bicara soal musik, perangkat ini punya storage yang cukup untuk menyimpan sekitar 650 lagu dari layanan streaming seperti Spotify atau Deezer.

Dari segi fitur, Venu 2 dan Venu 2S datang membawa deretan sensor yang lengkap, mulai dari yang standar seperti accelerometer dan gyroscope, sampai yang lebih advanced seperti termometer, altimeter, pulse oximeter untuk mengukur SpO2, dan tentu saja heart-rate monitor. Keduanya pun juga dibekali chip NFC yang mendukung fitur pembayaran elektronik Garmin Pay.

Profil aktivitasnya pun bertambah banyak hingga mencakup teknik olahraga macam HIIT (high-intensity interval training), dan keduanya juga dapat mengestimasikan “Fitness Age” dari masing-masing pengguna berdasarkan sejumlah parameter yang relevan. Harapannya, metrik ini bisa memberikan dorongan ekstra bagi pengguna untuk memulai gaya hidup yang lebih sehat.

Di Amerika Serikat, Garmin Venu 2 dan Venu 2S saat ini sudah dipasarkan dengan harga $400, banderol yang sama persis seperti pendahulunya ketika pertama dirilis. Pilihan warnanya cukup beragam, baik untuk bezel maupun strap-nya, dan secara keseluruhan perangkat diklaim tahan air hingga kedalaman 50 meter.

Sumber: Garmin dan Ars Technica.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter